Optimisme Konsumen Bulan April Meningkat

By Admin

nusakini.com--Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen pada April 2017 meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2017 sebesar 123,7 atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 121,5. Peningkatan IKK tersebut bersumber dari kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) sebesar 3,4 poin dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 1,0 poin. 

Dari data yang dilansir melalui laman BI pada Rabu (10/05), persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini lebih baik dari bulan sebelumnya, didorong kenaikan seluruh indeks pembentuknya, antara lain indeks ketersediaan lapangan kerja, indeks penghasilan, serta indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. 

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang membaik dari bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari IEK April 2017 yang naik menjadi sebesar 135,4 dari bulan sebelumnya. Peningkatan IEK April 2017 terutama didorong oleh kenaikan pada indeks ekspektasi kegiatan usaha dan indeks ekspektasi penghasilan, yang meningkat masing-masing 2,4 dan 1,4 poin. 

Sebagai informasi, meningkatnya IKK pada April 2017 terhadi di 11 kota, dengan kenaikan indeks tertinggi terjadi di Makassar (12,5 poin) dan Samarinda (11,8 poin). Berdasarkan tingkat pengeluaran, peningkatan IKK tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-2 juta per bulan. (p/ab)